SMK AL-IKHLAS

Jl. Hankam Kp. Cilember Ds. Jogjogan Kec. Cisarua Kab. Bogor

YAYASAN RAUDHATUL MUTA'ALLIMIN

Cara Menjadi Siswa Populer di Sekolah

Minggu, 08 Oktober 2017 ~ Oleh admin smk ~ Dilihat 1129 Kali

Seperti apakah siswa populer itu? Apakah yang dikenal oleh seluruh orang di sekolah? Pasti. Apakah siswa populer pasti siswa yang pandai? Belum tentu. Lalu apa kelebihan mereka, sehingga banyak siswa yang menginginkan popularitas? Hal inilah yang perlu kita ketahui.

Menjadi siswa populer atau terkenal, tidak sebatas pada bergaya keren atau bagaimana menunjukkan penampilan. Ini lebih pada gaya hidup keseluruhan. Mulai dari tata cara bersikap yang benar, membangun kepribadian yang penuh percaya diri, keterlibatan dalam berbagai kegiatan sekolah, prestasi yang menonjol, hingga membuat orang lain menyukai apa saja yang kamu lakukan. Itulah sudut pandang positif dari siswa populer. Sebab, ada juga siswa yang populer karena hal negatif, misalnya siswa yang bandel atau suka berbuat onar, suka berkelahi, mencontek saat ulangan, mengganggu teman yang lain, dan banyak hal lain bisa membuat siswa menjadi populer. Namun, tentunya di sini kita akan membahas popularitas siswa dari segi positif. Sebab akan sangat mudah menjadi populer dalam hal-hal negatif, tanpa harus mempelajarinya, bukan?

Mengapa siswa menginginkan popularitas? Dengan mengetahui jawaban dari pertanyaan ini, akan dapat diketahui apa yang harus kita lakukan untuk menjadi siswa populer. Yang pertama, pada umumnya siswa ingin menjadi populer karena ingin menunjukkan eksistensi diri. Ingin menunjukkan keberadaan dirinya di antara hiruk pikuknya dunia. Sehingga tak heran apabila terkadang siswa menjadi salah dalam mengartikan cara menjadi siswa populer di sekolah tersebut, tanpa adanya arahan yang benar dari orang tua, guru ataupun masyarakat sebagai fungsi kontrol sosial. Yang kedua, manfaat yang didapatkan oleh siswa populer. Tentunya karena menjadi terkenal, banyak kelebihan yang didapatkan. Misalnya mudah untuk mengakses hubungan dengan pihak sekolah, mudah mendapatkan informasi, dihargai oleh semua orang, dan lain sebagainya. Hal-hal inilah yang nampaknya cukup dominan menjadikan siswa ingin menjadi populer di lingkungan sekolahnya.

Pribadi yang Berani

Dengan pribadi yang berani, menjadi siswa populer tidak akan sulit, Sekali lagi, di sini kita hanya membahas dari sudut pandang positif saja. Sebab berani berkelahi pun bisa menjadikan seseorang menjadi siswa popular. Keberanian yang dimaksud adalah dalam hal bertindak, berkomunikasi dengan orang lain, baik itu teman, kakak kelas maupun para guru. Berani bertanya di dalam kelas, berani menyampaikan pendapat, berani bertindak saat dibutuhkan, adalah beberapa wujud keberanian positif yang bisa menjadikanmu siswa yang populer. Dan untuk menumbuhkan keberanian itu hanya satu kuncinya, yaitu memperkaya ilmu dan pengetahuan dengan belajar.
Apa hubungannya? Ya, dengan ilmu dan pengetahuan yang dimilikinya, siswa akan lebih mantap dalam bertindak. Makin banyak ilmu dan pengetahuan yang dimiliki, siswa juga akan mengetahui pula bagaimana cara menyelesaikan suatu masalah. Sehingga, mereka juga akan lebih berani dalam mensikapi suatu hal yang dihadapinya. Hal ini dapat lebih berkembang lagi apabila didasari dengan kemauan untuk belajar dari pengalaman hidup, sehingga akan benar-benar membentuk karakter siswa populer yang dibutuhkan sebagai generasi penerus bangsa ini. 

Tumbuhkan Rasa Percaya Diri

Seringkali banyak siswa masih mengukur kepopuleran dari segi penampilan luar, entah itu yang bertampang keren, pandai berbicara, mempunyai gadget yang update, dan lain sebagainya. Untuk itulah kita perlu melakukan introspeksi diri, apa yang bisa ditonjolkan dari diri kita. Apakah kita cukup keren? Apakah kita cukup mampu membeli gadget tercanggih? Kalau jawabannya adalah tidak, maka tentunya hanya kepribadian kita yang dapat diandalkan untuk dapat membawa kita menjadi siswa yang populer.

Jadilah diri sendiri, itulah satu kunci suksesnya. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Hanya terkadang kita belum cukup mampu mengetahui, apa sih kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri kita. Tak perlu meniru gaya orang lain, tak perlu pula memaksakan diri agar sesuai dengan penilaian orang lain. Cukup tampilkan diri pribadimu, agar orang mengenal dirimu yang sebenarnya. Dan yakinilah bahwa pribadimu adalah baik dan perlu dikeluarkan agar dikenal oleh semua orang. Namun, jangan salah mengartikan percaya diri dengan kesombongan ya… Tetap landasi kepercayaan diri itu dengan iman kepada Tuhan, agar terhindar dari rasa sombong yang muncul. 

Pandai Bersosialisasi

Siswa populer pasti dikenal banyak orang. Tak hanya dikenal, siswa populer juga disukai oleh mereka yang mengenalnya. Untuk itu, diperlukan suatu komunikasi, saling keterkaitan dalam hubungan sosial. Kepopuleran bisa didapat dari mana saja. Mungkin dari kepandaian siswa, sehingga mampu berprestasi dalam hal akademis. Atau juga yang berprestasi dalam hal non akademis, seperti olahraga, seni budaya, ketrampilan, organisasi kesiswaan dan lain sebagainya.

Namun selain berprestasi, sosialisasi juga sangat diperlukan. Hal ini mengingat bahwa orang-orang di sekitar kita, seperti teman-teman, bapak ibu guru dan seluruh lingkungan sekolah baik langsung maupun tidak langsung turut berperan dalam mendukung kita menjadi siswa yang berprestasi. Sehingga dengan demikian kita tidak boleh meremehkan atau bahkan melupakan unsur lingkungan manusia lain yang ada di sekitar kita. Dengan bersosialisasi, saling berkomunikasi, saling menghargai, serta saling membantu akan menjadikan kita sebagai siswa yang benar-benar populer karena prestasi.

Artikel
  1. TULISAN TERKAIT
...

Elan Suherlan, S.Sos., M.Pd.

Kepala Sekolah SMK Al-Ikhlas   Bapak. Elan Suherlan, S.Sos., M.Pd.    بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Bagaimana tentang website ini ?

LIHAT HASIL